Vaksinasi Rubella


BANDUNG — Dinas Kesehatan Kota Bandung mempersiapkan pelaksanaan imunisasi Measle Rubella (MR) juga terhadap anak yang duduk di bangku SMA. Diperkirakan akan ada sejumlah anak sasaran imunisasi berusia 16 tahun yang sudah masuk tahun pertama pendidikan SMA.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan bahwa imunisasi tersebut menyasar anak usia 9 bulan hingga 16 tahun. Usia tersebut umumnya menjangkau siswa SD maupun SMP namun ada pula beberapa anak yang sudah masuk SMA. “Kita ada antisipasi untuk anak yang sudah SMA juga tapi belum lewat 16 tahun usianya.

Berbeda dari usia di bawahnya, pelaksanaan imunisasi bagi anak usia SMA tersebut akan dilakukan sepenuhnya di sekolah masing-masing. Akan dilakukan pula sosialisasi kepada camat dan perangkat kelurahan untuk menyampaikan kepada warganya apabila memang ada anak yang masih harus mendapatkan imunisas itu.

Selain itu, petugas kesehatan juga fokus untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak yang berada di luar lingkup institusi pendidikan seperti anak jalanan. Ia mengharapkan dengan cara ini tidak ada anak yang terlewatkan untuk diberikan kekebalan tubuh terhadap dua penyakit ini.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, mengatakan target pelaksanaan imunisasi MR mencapai 95% di Kota Bandung. Juga ditambahkan bahwa vaksin MR akan menggantikan vaksin campak dan kegiatan imunisasi rutin ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella dan secara cepat dengan memutus transmisi virus tersebut.

Tidak lupa kegiatan vaksin tersebut juga diikuti oleh SMA Santa Angela Bandung. Ini adalah bentuk kerja sama antara Dinas Kesehatan dengan SMA Santa Angela.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.