SMA Santa Angela Bandung Raih Honorable Mention di Olimpiade Fisika APhO


BANDUNG – Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) kembali berprestasi dalam Asian Physics Olympiad ( APhO) ke-18 yang diadakan di Yakutsk, Rusia pada tanggal 1-9 Mei 2017.
Dalam kompetisi kali ini, SMA Santa Angela Bandung yang diwakili oleh Andrew Wijaya  berhasil meraih Honorable Mention di APhO ke-18 ini.

Prestasi ini juga menjadi semakin luar biasa karena APhO kali ini diakui oleh semua pimpinan tim sebagai yang tersulit sepanjang sejarah. Hendra Kwee, PhD, selaku pendiri Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) yang bertanggung jawab untuk membina dan memberangkatkan TOFI ke APhO 2017, menjelaskan bahwa APhO ke-18 terdiri dari dua tahap, satu soal eksperimen mengkarakterisasi sifat Photonic Crystal dan tiga soal teori yang harus dikerjakan dalam waktu lima jam.

Tingkat kesulitan APhO kali ini juga tercermin dari jumlah medali emas yang relatif sedikit, yaitu sebanyak 18 buah, dan batas nilai perolehan medali yang lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya, dari 38 pada tahun lalu menjadi 26 pada tahun ini.

Dengan meraih Honorable Mention ini, kembali SMA Santa Angela Bandung yang diwakili oleh Andrew Wijaya telah menorehkan prestasi di dunia internasional. Kembali telah lahir fisikawan dari SMA Santa Angela bandung, SERVIAM akan selalu menggaung ke seluruh dunia. Tingkatkan prestasimu, jadilah putra bangsa terbaik yang akan selalu mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.